Pencarian:

Jumat, 31 Juli 2009

Mario Teguh Golden Ways 10 Mei 2009: Jalan Menuju Kecemerlangan


Sahabat Indonesia, izinkanlah saya kembali menyampaikan resume dari acara Mario Teguh Golden Ways MetroTV edisi 10 Mei 2009. Topik yang dibawakan pada edisi ini adalah “Jalan Menuju Kecemerlangan”, sebuah tema yang super yang diihami dari “The Long and Winding Road” nya The Beatles, pada kesempatan ini lagunya dinyanyikan oleh Oddie Agam dengan suara khas-nya yang sangat berkarakter. Berikut resume yang bisa kami catat:


Jalan kehidupan tidak selalu keliahatan jelas, tetapi anehnya jalan kehidupan akan review dirinya dan kelihatan jelas begitu kita melangkah. Sehingga sebetulnya, seberapa jauhpun masa perencanaan anda, yang dibutuhkan adalah melihat kepada yang jelas terlihat pada langkah pertama anda.

Jadi hanya orang yang melangkah yang dapat melihat dengan jelas dari gambaran masa depannya.

Untuk itu sesegera mungkin setelah anda mempunyai rencana bertindaklah. Walaupun sebelumnya tidak tahu, bertindaklah, karena dalam proses bertindak kita akan menjadi tahu.

Bagi yang tidak memperhatikan jalan, kehidupan ini hanya akan menjanjikan akhirnya. Tetapi jika kita ikhlas memperhatikan, bahkan untuk setiap langkah yang kita butuhkan untuk menjadi pejalan kehidupan yang baik, ada petunjuknya dan bahkan sangat rinci.

Ada banyak cara untuk mencapai keprimaan, jangan tolak belajar. Kalau anda tertarik di satu bidang, pilih orang atau organisasi yang anda ingin tiru, lalu serap yang ada pada mereka.

Gunakan 3 N:

* Niteni-> Amati/perhatikan, anda harus 100% ikhlas mengamati orang, supaya anda bisa serap yang bisa anda pelajari dari orang lain
* Nirokke->Meniru, bayangkanlah kalau ada pribadi2 yang super kita bisa menirunya maka kita bisa jadi seperti dia, jangan menolak meniru. Lalu karena anda punya kelebihan dari orang lain anda tinggal,
* Nambahi->Tambahkan, lalu anda akan jadi lebih baik darinya.

Jadi yakinlah bahwa yang jauh itu meskipun tidak kelihatan, menjadi masuk akal bagi mereka yang ikhlas mempelajari cara2 yang dekat.

Jika ingin mencapai surga, berbelok kananlah kemudian berjalan lurus.

Pejalanan lurus ini banyak tidak diyakini orang, padahal siapapun yang jalannya lurus akan lebih cepat sampai. Nasihatnya tahu ataupun tidak tahu, jangan langgar, apa yang telah dibuktikan oleh orang baik ribuan tahun yang lalu.

Kalau anda mau mencintai pekerjaan bukan karena pekerjaannya. Kalau ini sebuah pekerjaan dan anda ada di dalamnya, anda harus lihat pekerjaan ini menjadikan anda apa?.

Kalau anda mencintai pekerjaan, karena pekerjaan itu menjadikan anda lebih baik, lebih kuat, lebih santun, dan lebih damai. Kalau hal ini terjadi, tidak akan anda yang mengganggu anda dalam pekerjaan itu.

Kalau pekerjaan itu menuntut anda menggunakan kelemahan anda, janganlah berlama-lama dalam pekerjaan tersebut, pindahlah ke tempat yang membuat anda menjadi kuat.

Kemudian yang harus anda lakukan adalah nikmatilah, karena kehidupan itu bukan sampainya, tapi penikmatan dari prosesnya.

Perjalanan menuju kebaikan selalu dirasakan sulit dan panjang, kalau dibandingkan dengan jalan menuju keburukan. Jalan menuju keburukan itu lurus, pendek, cepat, karena cara yang dipakai adalah cara jalan terpeleset.

Perjalanan menuju neraka itu jalannya licin, sementara perjalanan menuju surga itu menuju tempat2 naik, tapi bukan tangga.

Kalau anda sudah berada di suatu tempat yang baik, maka tempat anda akan naik, kemudian anda akan pantas mendapatkan tempat yang lebih tinggi lagi, dan begitu seterusnya.

Perjalanan seperti ini sangat tidak mudah, karena entengnya melakukan hal yang enak sekarang. Sehingga tidak-lah aneh banyak orang lebih senang diajak ke diskotik daripada ke tempat ibadah.

Kalau orang lebih mengutamakan yang tidak penting, yang utama adalah tidak bertambahnya nilai.

Kalau kita setia kepada yang memuliakan maka kita akan jadi mulia.

Kalau kita masih bisa memilih jalan, pilihlah jalan kanan dan lurus. Tetapi kalau dalam upaya itu anda masih melakukan kesalahan, mungkin anda sedang disiapkan untuk menasehatkan perjalanan ke kanan. Supaya anda bisa memberikan kesaksian betapa tidak enaknya ketidak baikan.

Rasa takut itu tidak besar, yang besar itu adalah pembayangannya, maka nasehatnya jangan bayangkan dampak dari ketakutan itu.

Kalau kita berdiri dengan sinar kedepan lalu melihat kebelakang akan
sangat besar sekali bayangannya.

Kehidupan ini nyata, kalau anda mau membayangkan, bayangkanlah langkah yang akan mebesarkan anda, bukan untuk menakut-nakuti anda.

Apapun yang anda miliki, tidak lebih penting daripada penggunaannya.
Untuk itu anak sekolah akan sulit belajar yang pelajaran tidak diketahui penggunaannya.

Untuk itu bagi anda sebagi orang tua, kalau ingin menjadi penyemangat bagi anak2 beritahu yang dilakukannya itu untuk apa.

Kalau kita ingin bersemangat dalam hidup, tanya anda sekarang untuk apa.
Tidak ada orang yang ragu2 dalam hidupnya kalau dia sudah tahu untuk apa kehidupannya.

Kalau ada yang mencurigai niat baik anda, pertama adalah pemberitahuan kepada anda bahwa dia belum mengerti.

Koreksilah diri anda terlebih dahulu, Kalau dia mengeti saya mengasihinya, dan semua upaya yang dilakukan untuk kebaikannya dia, tidak mungkin menolak.

Jadi yang salah saya dulu, saya belum membangun pribadi pantas.

Ada pribadi yang tahu caranya tapi belum menjadi pribadinya. Tahu caranya, tapi belum pantas melakukannya, tahu caranya tapi belum setia pada yang diucapkannya. Orang yang dihormati adalah yang sama apa yang dikatakan dan tindakannya.

Kalu kita sudah maksimal dalam mengupayakan kredibilitas, tetapi masih diragukan orang, tetaplah konsisten dalam upaya ini, karena dalam kehidupan ini memang ada orang yang didesain untuk sulit percaya, sulit hormat, ada juga orang yang sulit menghargai pendapat orang lain.

Kalau kita suka mengkritik orang, kita tanya kenapa orang yang kita kritik hidupnya lebih baik dari kita. Mungkin ini adalah pemberitahuan, jangan lama2 berdiri dikiri jalan. Konsepnya sederhana, jalan menuju surga itu belok kanan, dan lurus saja.

Bagaimana mungkin anda mencapai keindahan kalau jalan2 anda tidak indah (Khalil Gibran).
Suatu pernikahan akan menjadi indah, kalau cara2nya dibuat seindah mungkin. Gunakanlah panggilan2 yang indah, seperti “my love”, “darling”, perlakukan pasangan anda dengan anggun.

Jadi, dalam hal keindahan, anda bertanggung jawab penuh. Jadilah pribadi yang menjadi bibit keindahan dikehidupan anda.

Jangan menunggu untuk menjadi mampu sebelum anda berangkat dalam perjalanan ini. Semua kemampuan dan kehebatan, anda bangun dan miliki karena anda menjalani kehidupan ini dengan penuh.

Keterampilam untuk melakukan itu datang dari melakukan. Dalam kehidupan ini, kita sering hanya membayangkan, lalu merasa berhak untuk mendapat.

Mulai sekarang lalukan apapun, karen walaupun bicara salah itu melatih lidah, apalagi kalau bicaranya betul.

Hidup yang penuh itu, hidup yang menarik untuk diceritakan.
Tantangannya bagi ayah indonesia yang super, ceritakanlah kehidupan anda kepada anak anda. Kalau membuat anak anda merasa jenuh dan bosan, berati anda tidak memimpin kehidupan yang penuh.

Hiduplah dengan penuh, karena kehidupan yang penuh itu adalah perjalan hidup yang menarik.

Semua pemimpin yang hebat didunia, adalah pencerita yang efektif.

Kalau kita tidak hidup untuk sesuatu, untuk apakah kita dilahirkan?. Padahal Tuhan tidak menciptakan sesuatu itu sia-sia, hanya kita yang berbuat sia-sia. Pasti ada tujuan mulia dari kelahiran kita.

Waktu itu disebut waktu yang tepat, bukan karena perhitungannya tetapi kualitas yang kita lakukan dalam waktu itu.

Sebuah kehidupan yang disebut penuh bukan karena panjangnya tetapi karena karena yang dilakukan dalam masa kehidupan itu.

Mulailah segala sesuatunya dengan hal yang baik, dengan nama Tuhan, karena Tuhan dan untuk Tuhan.

Kalau mau gagal, gagal yang terindah adalah gagal dalam proses melayani Tuhan. Karena itu tidak mungkin terjadi, sebab Tuhan berkepentingan kepada orang2 yang melayani-Nya.

Jadi waktu baik adalah yang dilakukan dalam waktu itu.

Semua halangan diberikan kepada anda, agar anda menjadi pribadi yang lebih besar dan lebih kuat, sehingga anda bisa melampauinya.

Bisakah anda duduk lebih tegak, dada lebih penuh, mengangguk lebih anggun, tersenyum lebih pasti, itu pertanda pribadi yang berenergi/bertenaga.

Tidak ada yang bisa dicapai tanpa tenaga. Dan semua tenaga yang terjadi atas izin Tuhan.

Sesuaikanlah besarnya enegi anda, bagi besarnya keinginan anda. Lalu perhatikan apa yang terjadi

0 comments:

Posting Komentar

Photobucket

MINGGU MARIO TEGUH GOLDEN WAYS METROTV Nasional

Pukul 19.00 - 20.00 WIB

re-run: Jumat pukul 12.30 - 13.30 WIB

Telp : 0818-070-94214

Email : mtgw @ MarioTeguh.asia

Photobucket

KAMIS MARIO TEGUH BUSINESS ART TV O'Channel 33 UHF Jabodetabek

Pukul 21.00 - 22.00 WIB

re-run: Selasa pukul 22.00 - 23.00 WIB

Email : cs @ MTSuperClub.com

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.