Pencarian:

Sabtu, 01 Agustus 2009

Mario Teguh: The Power Of Imaginary Regret


Sahabat Indonesia, Alhamdulilah dalam long weekend ini, masih bisa menuliskan resume dari materi yang sangat meng-inspirasi banyak orang, yang dibawakan pemateri super Bp Mario Teguh. Sahabat super, dalam kesempatan yang berbahagia ini, ijinkanlah kami kembali menyampaikan resume acara Mario Teguh Golden Ways (MTGW) di MetroTV Edisi Ahad 8 Maret 2009 dengan topik “THE POWER OF IMAGINARY REGRET”. Tanpa ulasan panjang lebar lagi, berikut resume yang berhasil saya catat:


Seorang guru mendidik anak didiknya agar tidak melakukan kesalahan yang tidak perlu. Ada kesalahan yang memang perlu demi pertumbuhan kita, tetapi banyak kesalahan yang tidak harus dilakukan karena anda belum mengalaminya.

Mulai sekarang bayangkan hal2 yang mebuat anda menyesal, masuklah dalam perasaan menyesal yang sama, lalu dapatkan kekuatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik karenanya.

Belajar itu tidak harus pandai, belajar saja.
Walaupun pada awalnya belajar terasa terpaksa, tapi didalam proses belajar ini, kita akan mulai menanamkan sesuatu yang penting dalam pelajaran tersebut.

Semua hal dalam hidup ini ada pegangannya.
Segala sesuatu terutama hal yang berbahaya, dan berbahaya itu karena berguna, sepertihalnya pisau, pasti ada pegangannya.
Penyesalan itu seperti halnya pisau, sesuatu yang berbahaya, yang mengharuskan kita memegang melalui pegangannya. Hidup ini lebih sering salah dalam arah dan cara. Kalau ada orang yang dengan menyesal dan menjadi hebat, mengapa kita menyesal dan menjadi lemah?.

Jadi bukan melihat penderitaan yang disebabkan oleh masalah kepada kita, tetapi melihat apa yang bisa kita lakukan karena kita menderita.

Jangan menganalisa mengapa anda malas.
Malas itu beli tunai atau downpayment dampaknya sama, ia akan menghalangi keberhasilan kita. Orang itu harus belajar karena kita semua bisa malas. Rajinlah tetang satu hal saja.

Anda itu disebut rajin bukan karena rajin disemua bidang. Anda disebut rajin, apabila anda rajin pada bidang yang menghebatkan anda. Malas untuk memboroskan waktu adalah kemalasan yang baik. Jangan mengeluh karena malas, karena malas itu kalau arahnya tepat, akan menghebatkan anda.

Cara mengetahui potensi yang akan menghebatkan anda.
Perhatikan apa yang membuat orang banyak mengucapkan “TERIMAKASIH”, “WOW” karena anda anda, dan yang orang bersedia BAYAR. Anda akan dihebatkan ketika banyak orang berkata kepada anda “Hanya anda yang bisa” atau “Untung ada anda”. Jangan sepelekan hal itu, karena itu potensi kita.

Sebetulnya kita semua bekerja keras untuk pulang kerumah.
Disadari atau tidak kita semua merasakan hal itu, bahkan penjahatpun sering tertangkap di dekat rumah mereka. Jadi ada semacam “Homing Insting”, ada insting untuk kembali ke rumah.

Kalau orang bekerja keras untuk pulang ke rumah, pasti dia sedang berharap kedamaian dalam kehidupan keluarganya. Untuk itu silahkan di cek, kalau anda bekerja keras untuk tidak pulang kerumah, mengapa anda bekerja keras?.

Tujuan utama ditanamkannya penyesalan kedalam diri kita, agar kita berfokus pada perbaikan diri.
Kalau hal ini menjadi sikap kita, maka kita tidak akan lagi menggantungkan diri dan keberhasilan kepada bantuan orang lain. Katakan, “ini tanggung jawab saya”, jangan gunakan tanggung jawab orang lain sebagai syarat keberhasilan anda.

Semakin anda tidak punya syarat kepada keberhasilan anda, kecuali anda sendiri, semakin anda mandiri. Semakin banyak yang bisa anda salahkan, semakin mudah bagi anda untuk menyalahkan orang lain. Jadi bertanya dan belajarlah kepada orang lain, tetapi bergantunglah sepenuhnya kepada diri sendiri.

Orang yang berdiri diatas gunung, selalu tidak akan melihat puncak gunung.
Itu sebabnya banyak orang menyepelekan kebaikan pasangan hidupnya. Seorang yang mempunyai istri baik, sholehah, pandai mengurus keuangan dan taat kepada suami, ia disepelekannya hanya karena tidak kelihatan. Banyak juga ibu yang tidak menyadari dia sedang berada dalam keluarga baik.

Jadilah pribadi yang melihat bahwa kita berdiri diatas gunung. Orang yang selalu mengeluhkan tentang indonesia, dia tidak melihat Indonesia hebat.

Pilihlah pekerjaan yang menjadikan anda, pribadi yang anda cintai.
Tidaklah harus uangnya banyak, tetapi pribadi itu anggun, pandai, confidence, wawasannya jauh, berpengaruh dsb. Kalau pekerjaan anda menjadikan anda, pribadi yang anda cintai, itu pekerjaan baik.

Kalau anda bisa mengulangi hidup lagi, apakah anda akan melakukan kesalahan yang sama?
Pendapat pak mario: “Saya akan mengulangi kesalahan saya hanya lebih awal”. Karena saya menjadi apa saya sekarang karena kesalahan saya. Mengapa saya harus belajar dengan kesalahan yang baru, yang belum tentu menjadikan saya sekarang?.

Selagi muda beranilah berbuat kesalahan, karena orang lebih mudah memaafkan yang muda dan berbuat salah. Jadi janganlah takut membuat kesalahan, asal anda melakukan kesalahan yang perlu. Kalau kita berfikir akan memilih kesalahan2 yang akan membesarkan kita, ulangi semua kesalahan anda, buat sesegera mungkin.

Melakukan kesalahan itu tidak masalah, asal tidak melakukan kesalahan yang sama, karena anda tidak belajar, bila melakukan kesalahan yang sama. Semua kesalahan dilakukan karena kita belum tahu, belum berpengalaman, belum pernah mencobanya. Tetapi kalau kita mencoba sesuatu yang baru, berarti kita naik kelas.

Penyesalan itu bisa melukai atau bisa mencerdaskan anda.
Yang terjadi kepada anda, tidak lebih penting daripada yang terjadi didalam diri anda.

Orang bisa melihat sesuatu yang berbeda, karena dia berada di tempat yang berbeda.
Hidup ini mempunyai banyak sisi, yang kalau dilihat dari sudut pandang yang salah, dia akan menyalahkan kehidupan kita. Jadi perbaikilah sudut pandang kita mengenai kesalahan. Karena kesalahan itu tidak apa2, yang tidak boleh itu dosa. Salah karena belum mengeti, tidak bisa disalahkan dengan salah karena mencuri.

Sebuah kesalahan akan berhenti menjadi kesalahan, kalau anda menggunakan kesalahan itu sebagai sarana memperbaiki diri.
Sebuah kesalahan yang dengan itu, bisa membuat kita lebih baik, sesungguhnya itu kebaikan. Sudut pandang kita saja yang telah terdidik, untuk mengglobalkan bahwa sebuah kesalahan itu jelek, membuat kita menghujat diri, memaki orang lain, kalau salah atau disalahi.

Jangan beri nasihat yang tidak diminta.
Tidak selalu orang memint naishat, tetapi wajahnya bisa mengindikasikan pendieritaan, dia butuh nasihat. Dia berada dilingkungan orang2 yang menasihatkan sesuatu, dia butuh nasihat.

Cara menasihati yang paling baik adalah membuat orang tertarik kepada hasil dari kebaikan yang kita lakukan. Tahapanya adalah : Kita harus melakukan kebaikan terlebih dahulu, Pastikan kebaikan itu menghasilkan, Lalu mudah2an tertarik kepada kebaikan.

Hati yang damai kalau dilempar batu, akan timbul riak2 pengertian.
Jadi karena kita sama2 tidak tahunya, damaikanlah hati anda dalam pekerjaan apapun, agar anda mudah mengerti bahwa yang anda lakukan itu arahnya sudah tepat, atau caranya sudah baik.

Sebetulnya kita sedang ditunggu, untuk menjadi pribadi yang bereaksi baik, terhadap yang terjadi kepada kita.
Kita sedang ditunggu mengenai apapun yang terjadi, sebagai alasan bagi upaya terbaik kita. Berilah alasan bagi pemuliaan itu, yang dibutuhkan hanya kita bertindak, lalu Tuhan akan memulaikan kita karena-Nya.

Mengapa orang melakukan kesalahan yang sama ditempat nyaman?
Karena dia tidak melatih diri untuk tertarik memasuki kehidupan yang lebih baik. Jadi kalau ada orang mengulangi kesalahannya kemudian menyesal, tetapi itu terus berulang pada tempat yang sama, adalah orang yang belum membiasakan dirinya, membayangkan kehidupan yang lebih baik yang telah menjadi hak kelahiran-nya.

Pribadi populer itu bukan pribadi yang dikenal, tetapi pribadi populer itu sifat.
Pribadi terbaik bukan orang yang membuat anda kagum karenanya, tetapi orang yang menunjukan jalan anda sehingga membuat anda hebat. Bergaulah dengan orang, yang karenanya anda bisa menemukan kualitas2 terbaik anda.

Kesimpulan:

Jalan-jalan kebaikan adalah jalan Tuhan, sehingga orang2 yang berjalan di jalan kebaikan sebetulnya berjalan bersama Tuhan. Maka serahkanlah diri anda untuk berjalan dalam kebaikan, lalu perhatikan apa yang terjadi.

0 comments:

Posting Komentar

Photobucket

MINGGU MARIO TEGUH GOLDEN WAYS METROTV Nasional

Pukul 19.00 - 20.00 WIB

re-run: Jumat pukul 12.30 - 13.30 WIB

Telp : 0818-070-94214

Email : mtgw @ MarioTeguh.asia

Photobucket

KAMIS MARIO TEGUH BUSINESS ART TV O'Channel 33 UHF Jabodetabek

Pukul 21.00 - 22.00 WIB

re-run: Selasa pukul 22.00 - 23.00 WIB

Email : cs @ MTSuperClub.com

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.