Pencarian:

Sabtu, 01 Agustus 2009

Mario Teguh Golden Ways 19 April 2009: Super Friendship


Syukur alhamdulillah kali ini bisa kembali mengetengahkan resume acara yang super dan penuh inspiratif Mario Teguh Golden Ways (MTGW) MetroTV. Pada edisi Ahad, 19 April 2009 ini membawakan Tema “Super Friendship”, sebuah tema super yang diambil dari lagunya Sindentosca “Kepompong”.


Seperti kita ketahui bersama bahwa kepompong adalah salah satu tahap metamorfosa binatang “ulat” yang akan berubah menjadi “kupu-kupu”, metamorfosanya bentuk dari yang jelek, membuat gatal, menjijikan, berubah menjadi kupu-kupu yang indah nan menawan, atau menjadi bahan kain yang mahal seperti kepompongnya ulat sutra. Tanpa panjang lebar lagi, berikut resume yang bisa saya catat :

Persahabatan adalah penjamin kualitas kebersamaan
Seorang sahabat tidak memiliki kepentingan lain dari kita,
kecuali membantu kita menjadi pribadi yang berbahagia dengan pilihan-pilihan baik kita
Seorang sahabat adalah seorang rekan yang mengenal lagu-lagu keberanian di hati Anda,
dan yang kemudian dengan penuh kasih menyanyikan lagu-lagu itu saat Anda berkecil hati

Setiap orang mungkin bisa mendengar yang Anda katakan,
tetapi sedikit sekali yang betu-betul mendengarkan,
dan hanya seorang sahabat yang mampu mendengar yang tidak Anda katakan.
Dan dengannya dia memberikan - bahkan yang tidak Anda minta.

(MTST - Becoming Your Best Friend)

Apakah anda bisa bayangkan persahabatan itu berjalan baik tanpa kegembiraan? Mengapa sebagian dari kita lebih ramah kepada perasaan marah dan mempertahankan hal2 yang tidak penting serta mengorbankan kualitas
kebersamaan.?

Sikap2 baik adalah awal dari nasib baik. Maka apabila kita mengeluhkan nasib, kita coba temukan kualitas2 itu dalam persahabatan. Karena seorang sahabat tidak punya kepentingan lain kecuali melihat kita berbahagia dalam pilihan2 kita.

Banyak orang mensyaratkan perubahan pada orang lain supaya menjadi sahabat baginya. Padahal tantangan utama adalah apakah anda bisa mengubah diri anda untuk menjadi sahabat bagi orang lain?.

Apabila anda bisa menjadi sahabat bagi diri anda sendiri, anda bisa menjadi sahabat bagi siapapun.

Lihatlah diri anda adalah pribadi yang sulit disahabati, mempunyai impian besar, tetapi dibatalkan oleh dirinya sendiri. Nasihatnya baik kepada dirinya, tetapi tetap bersikap agak agresif kepada orang lain. Menyalahkan orang lain walaupun tahu dia yang salah. Didalam hubungan suami istri lebih banyak mendahulukan siapa yang benar dan salah, daripada dua2nya berbahagia.

Sebagai kepompong ada kepompong yang gagal dan tidak pernah keluar. Tetapi ada juga kepompong yang memilih untuk ikhlas mensahabatkan dirinya.

Ada orang yang selalu bisa diterima ditempat manapun, walaupun orang yang menyukainya sebenarnya orang2 tidak baik. Bayangkanlah kalau musuh andapun menganggap anda sebagai sahabat, tidak ada lagi yang tidak bisa dicapai dalam hidup ini.

Para pesaing itu jangan anda sepelekan pikiran dan rencana2nya, karena tidak ada lagi yang dilakukan pesaing anda kecuali menghapuskan anda. Berhati-hatilah, karena sering orang besar yang dijatuhkan orang kecil yang disepelekannya.

Maka lihatlah pesaing sebagai pemaksimal kualitas. Tanpa pesaing kita akan sangat santai, hanya karena adanya pesaing kita dipaksa dalam keadaan yang harus mengutamakan keprimaan. Lakukanlah hal2 yang membuat kita super, dan itu sangat dibantu oleh pesaing.

Orang yang mengerti peran dari orang yang memusuhinya kadang2 tetap menjaga orang itu tetap ada.

Jagalah sahabatmu dekat tetapi jagalah musuh2 kamu lebih dekat lagi. Karena mereka lebih jujur tentang apa yang harus kita perbaiki.

Orang yang hebat pada usia 40 Tahun dan orang yang menyedihkan dalam usia 40 Tahun kecepatan hidupnya akan sama.Orang yang hebat bisa mendapatkan lebih banyak, karena yang dilakukannya lebih banyak lagi.

Keberhasilan ada dialam tindakan bukan dialam rencana dan angan2. Secepatnya anda berhasil, bertindaklah dan berkeringatlah.

Orang2 yang tidak begitu penting bagi orang lain dibiarkan menua dengan
kecepatan standar. Sementara orang2 yang hidupnya penting bagi orang lain, maka Tuhan akan membuat waktunya berlipat, supaya banyak yang diuntungkan dalam perjalanan waktunya.

Tuhan maha tahu akan keberadaan ini, untuk itu kalau mau melayani Tuhan layanilah sesama.

Ada cara terbaik Tuhan untuk menambah rezeki bagi orang2 baik dan banyak cara Tuhan mengurangkan rezeki dari orang2 yang mencuri.

Duduk dan berbincanglah dengan orang2 besar disekitar anda dan total-lah semua yang dilakukannya dengan waktu yang dibutuhkan, anda akan takjub dengan orang yang seharusnya berada dalam umur 150 tahun berada dalam umur 43 Tahun.

Orang tidak akan bisa menyelesaikan suatu masalah selama dia menjadi bagian dari masalah itu. Kalau anda masih berada dalam lingkungan yang bermasalah anda tidak akan bisa menasehatkan perbaikan.

Cara terbaik mendengar ribuan masalah seorang sahabat tanpa membuat anda sakit, dengan memandang penuh kasih sayang sahabat anda yang sedang gundah hatinya, berbicara baik setelah selesai, bergembira dan bersyukurlah karena dia telah melihat jalan keluar.

Selama ini kita melihat orang lain sebagai pihak untuk menyesuaikan diri dengan apapun kita. Dalam persahabatan yang diuji itu sebenarnya kita, masih bisa-kah kita untuk tetap menjadi pribadi yang bisa dikagumi oleh dia?. Hidup ini bukan tentang mereka, tetapi tentang saya.

Dalam pernikahan yang berbahagia unsur persahabatan mengambil peran yang sangat penting karena bukan kurangnya kasih sayang yang menggagalkan banyak pernikahan melainkan tidak cukupnya persahabatan.

Maukah seorang suami – mensahabatkan diri dengan istrinya dan begitu juga sang istri mensahabatkan diri dengan suaminya?

Kita ingin menjadi pribadi yang hebat. Tahukah anda cara untuk menjadi pribadi yang hebat?, Yaitu dengan menghebatkan orang lain. Istri itu untuk dihebatkan, suami itu untuk dihebatkan, maka berfokuslah kepada yang menjadikan suami anda raja di rumahnya karena istri menjadikan rumah sebagai istana.

Kalau kita mau menjadi pribadi yang berpengaruh, anda bisa mengangkat orang lain kedalam kehidupan yang lebih baik, dengan nasehat sedehana, senyumlah karena anda yang tersenyum lebih mudah dibantu.

Perbanyak orang yang mengenalmu, sehingga orang yang berbicara jelek tentang nada tidak akan berpengaruh apapun.

Pertumbuhan kita itu alamiah sekali, kalau anda mengerti jalan2 alamiah anda tidak akan berusaha mengakali kebenaran alam. Hormat itu harus dibangun, tidak bisa dibeli dengan materi.

Jadi kalau kita ingin menjadi pribadi yang lebih berpengaruh, pengaruhkan kualitas hidup pada satu dua jiwa terlebih terlebih dahulu, maka kita akan diberi kesempatan kepada skala yang lebih besar lagi.

Kita tumbuh dari ukuran2 kecil yang membuktikan kesyukuran dari apapun yang kita miliki pada waktu kita masih kecil.

Kepemimpina itu dibagi menjadi tiga bagian:
- Kepemiminan Kemanusiaan
- Kepemiminan Kenegaraan
- Kepemiminan Alam.

Semua pemimpin yang baik akan peduli kelestarian alam. Karena kalau dia mementingkan pertumbuhan ekonomi sekarang, dengan mengorbankan tanah dan air bagi anak cucu kita, maka dia pribadi tidak bertanggung jawab.

Banyak orang sekarang sedang menyesuaikan dengan keadaan. Padahal sesuai adalah keadaan yang paling sementara. Setelah itu kita menjadi kurang kuat atau lebih kuat.

Keadaan kita ini adalah sementara, pertanyaannya apa yang anda lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih kuat?, Jadi mungkin standar kita apapun yang dibataskan orang dulu, perbarui dengan kesungguhan anda untuk menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih besar dan lebih bermanfaat.

Hidup tanpa rencana berhasil, sama dengan hidup berencana gagal. Maka milikilah rencana keberhasilan.

Apakah sahabat anda tahu didalam rencana keberhasilan anda, disertakan rencana keberhasilannya?. Ini yang sangat jarang terjadi. Komunikasikanlah kepada orang lain bahwa “Didalam keberhasilanku nanti ada keberhasilanmu.”

Jika setiap orang di Indonesia berbicara sebagai pribadi yang menyertakan
orang lain dalam keberhasilan pribadinya, tidak ada yang tidak akan mendukungnya.

Evolusi terbaik bagi seoarang manusia adalah menjadi pribadi yang santun. Pribadi yang santun tidaklah sederhana, karena dia selalu kontrol terhadap kekuatan pribadinya. Ber-evolusi-lah menjadi pribadi yang santun karena pribadi ini penuh hormat, dan hormat adalah cara meletakan diri dan orang lain di tempat2 yang baik.

Apabila kita ber-evolusi menjadi pribadi yang tahu meletakan diri, anda akan segera tahu bahwa kesesuaian anda bagi tempat yang sekarang juga sementara, sehingga kebenaran alam menaruh anda dalam tempat2 yang lebih terhormat, agar anda bisa mengangkat hormat dari kehidupan orang lain.

Kalau anda bekerja untuk Tuhan tidak ada lagi yang bisa membatasi anda, orang tuli dan buta sekalipun akan bisa mendengarnya. Karena yang anda wakili adalah kebenaran Tuhan.

Batas kehidupan kita adalah kebaikan, satu detik saja keluar dari batas ini sudah tidak baik lagi, dan tandanya adalah kegeisahan, lalu damai lagi waktu kembali.

Didalam kebaikan itu jangan batasi apapun. Didalam persahabatan anda dengan orang lain, persahabat itu harus menjadi jalan untuk menyampaikan
kebaikan.

Ingatlah bahwa sahabat utama dalam hidup anda adalah diri anda sendiri. Berlakulah kepada diri sendiri seperti kepada seorang sahabat terkasih.

Dampingilah diri anda sebagai seorang sahabat terkasih dan hormatilah diri anda seperti seorang pribadi yang besar, lalu perhatikan apa yang terjadi.

0 comments:

Posting Komentar

Photobucket

MINGGU MARIO TEGUH GOLDEN WAYS METROTV Nasional

Pukul 19.00 - 20.00 WIB

re-run: Jumat pukul 12.30 - 13.30 WIB

Telp : 0818-070-94214

Email : mtgw @ MarioTeguh.asia

Photobucket

KAMIS MARIO TEGUH BUSINESS ART TV O'Channel 33 UHF Jabodetabek

Pukul 21.00 - 22.00 WIB

re-run: Selasa pukul 22.00 - 23.00 WIB

Email : cs @ MTSuperClub.com

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.